Cara memperbaiki keyboard



Cara memperbaiki keyboard  - Ada banyak permasalahan kenapa Tombol Keyboard tidak berfungsi dengan baik, seperti adanya kotoran pada bagian keyborad, ada juga karna usia keyboard yang udah tua, ada juga karna Fungsi FN yang tertukar (Khusus Laptop) dan beberapa masalah lainnya. Bagi sobat yang mangalami permasalahan dengan keyboard sebaiknya baca artikel ini sampai selesai. Pertama kita mulai dari cara penanganan umum yang harus dilakukan jika mengalami kerusakan keyboard , berikut hal yang harus dilakukan untuk menanganinya :

1. Mendiagnosis masalah
Ketika Anda menekan tombol pada keyboard laptop Anda, maka pastikan hal apakah yang membuat keyboard laptop tidak bergerak, apakah hal itu hanya diakibatkan oleh keyboard yang macet? Atau apakah laptop sebenarnya menanggapi masukan yang Anda lakukan melalui keyboard? Dalam hal ini maka pastikan Anda menekan semua tombol yang ada pada laptop Anda. Pastikan bahwa dari penekanan beberapa tombol, akan ada respon dari laptop terhadap salah satu tombol keyboard yang Anda tekan tersebut. Jika semua tombol kunci tidak terpengaruh, maka kemungkinan yang terjadi adalah ada kerusakan pada perangkat lunak didalam laptop Anda.

2. Bersihkan tombol yang tidak bekerja
Bila kerusakan keyboard hanya terjadi pada bagian tombol tertentu, maka ambil sebuah kain serat yang sedikit dibasahkan, dan cobalah membersihkan pada permukaan tombol yang rusak tersebut. Anda juga dapat membuka tombol keyboard yang macet akibat terkunci oleh sesuatu hal, seperti debu dan lain sebagainya, namun dalam hal ini Anda harus berhati-hati melakukannya agar tidak terjadi kerusakan lebih lanjut pada tombol keyboard yang hendak Anda perbaiki.

3. Lepaskan tombol yang tidak bekerja
Melakukan hal ini dapat dilakukan dengan bantuan gunting kuku dan menarik keluar tombol yang mengalami kerusakan. Gunakan hook kecil untuk menarik secara perlahan sampai kunci memang benar-benar telah tertarik keluar. Angkatlah engsel plastik yang terlipat dibawah bagian tombol yang rusak tersebut, dan lakukan pembersihan secara hati-hati.

4. Bersihkan sensor keyboard dengan kain kering
Sensor adalah penggerak kecil yang berbentuk foil dengan bentuk sebuah baris, merupakan komponen atau kunci yang telah terhapus. Berhati-hatilah membersihkannya, sebab perangkat ini sangat peka, dan telah rusak, maka akan membutuhkan harga yang sangat mahal untuk membeli perangkat yang baru. Lakukanlah pembersihan dengan cara lembut dengan kain serat yang kering untuk menghilangkan debu atau remah atau juga partikel yang mengganggu keyboard berfungsi dengan baik. Jangan membersihkan dengan kain basah, sebab hal ini akan mempertinggi resiko kerusakan keyboard.

5. Pasang kembali tombol secara benar
Pasang kembali tombol yang sudah Anda bersihkan sesuai dengan tempat seperti Anda membukanya sebelumnya. Tutup bagian tombol secara tepat dan tidak berubah dari posisi yang semula, ketika Anda membukanya.

6. Uji Keyboard Anda
Setelah pemasangan selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah menguji bagian keyboard yang baru saja Anda bersihkan. Bila dalam pengujian tombol juga belum bekerja, maka coba restart komputer Anda, atau mengaktifkan system restore dan hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa masalah bukan terjadi pada perangkat lunak.

Adapun contoh kerusakan , ciri-ciri dan solusi untuk menanganinya adalah sebagai berikut :

1. Tombol Keyboard Eror atau Tidak Berfungsi

Ciri-Ciri :
1. Salah satu tombol keyboard tidak berfungsi
2. Tombol seperti tertekan terus.
3. Terdengar bunyi beep yang panjang seperti tombol tertekan terus.
4. Biasanya pas mau menyalakan harus menekan salah satu huruf
Solusi :
1. Lepas semua sambungan energinya (carger dan battrai, kalau gak di lepas bisa merusak komponen yang lain)
2. Lepas keybord dari laptopnya
3. Lepas semua tombol keybord (hati-hati jangan sampai kaki2nya patah apalagi sampai hilang. kalau sobat pelupa mending foto dulu aja keybordnya biar tidak lupa. hee :)
4. Setelah semua lepas semprot dengan hair dryer secara merata. beri semprotan lebih pada tombol yang error.
5. Setelah selesai pasang kembali Keyboard Laptop/NoteBook
Jika Belum berfungsi dengan baik, anda bisa membersihkan debunya/kotoran keyboard dengan Kuas/air/alkohol dan keringkan dulu.

2. Tombol keyboard Tertukar Huruf ( m, j, k, l, u, I, o dengan 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6 )

Ciri-Ciri :
Seringkali ketika selesai pakai keyboard eksternal, setelah keyboard kita cabut dan kita guna kan keyboard bawaan laptop  ada yang berubah: ketika kita tekan tombol  m, j, k, l, u, I, o yang muncul adalah angka 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6.
Biasanya ini terjadi pertukaran tombol fungsi Fn.  Tombol Fn ini memang hanya ada pada keyboard di notebook atau laptop.
Solusi :
1. tekan aja tombol Fn tahan dan jangan dilepas, lalu tekan tombol fungsi numeric.Tombol numeric ini kalau di laptop biasanya berada di deretan paling atas sejajar dengan tombol fungsi F1-F12, bertuliskan Insert dan NumLK.
2. Setelah itu lepaskan kedua tombol tersebut.  Sekarang coba tekan tombol  u, kalau masih muncul angka 4 berarti belum berhasil, ulangi sekali lagi.
Pada intinya fungsi tombol ini mirip tombol caps lock, ditekan sekali berubah menjadi huruf capital, ditekan lagi tombol capslock  berubah kembali ke huruf kecil.

3. Tombol Keyboar Tidak Berfungsi sama Sekali

Ciri-ciri :
1. Tombol Tidak Berfungsi sama sekali
2. Bahkan Lampu Num Lock dan Caps Lock tidak hidup
3. Tombol Keyboard Macet-macetan/Tidak Normal
Solusi :
1. Lakukan Langkah pada permasalahan No 1 hingga tuntas
2. Coba bersihkan dengan Air/Alkohol dan keringkan dulu hingga benar-benar kering.
3. Perhatikan Tombol USB keybord, ada kalanya tombol USB (Colokan Keyborad) tidak berfungsi dengan baik.
4. Coba Restart Komuter/Laptop anda terlebih dahulu.
Bila langkah-langkah diatas sudah Anda lakukan, tetapi belum ada hasil yang memuaskan, maka langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah konsultasi lebih lanjut tentang permasalah keyboar laptop yang Anda alami kepada tukang service komputer yang terdekat. Jika ada Cara - cara yang lain yang sobat ketahui silahkan share dalam komen dibawah. Semoga bermanfaat :)

18 komentar:

Poskan Komentar